Pada tanggal 7 sampai dengan 8 Juni 2013 Direktorat Pembinaan PAUD Direktorat Jenderal PAUDNI Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanaka kegiatan Peningkatan Karakter Pegawai.

Program Peningkatan Karakter Pegawai yang dilaksanakan di Bogor, dibuka Direktur Pembinaan PAUD Dr. Erman Syamsuddin dalam pengarahannya menyampaikan, agar kegiatan ini dapat mencapai tujuan sesuai yang diharapkan, maka semua peserta melepaskan atribut jabatan, baik sebagai direktur, kasubdit, kasi, dan staf. Sehingga diharapkan terjalin kerjasama sebagai suatu tim work, yang dibangun dalam suasana fun dan happy.

Selanjutnya Dr. Erman Syamsuddin mengungkapkan, kegiatan ini merupakan penyegaran setelah sekian waktu bergelut dengan tugas rutinitas setiap hari.  Kebersamaan dalam program ini akan memberi motivasi dan keharmonisan hubungan, sehingga peserta akan kembali ke pekerjaan dengan suasana baru yang lebih produktif.

Pada akhir pengarahannya Direktur Pembinaan PAUD mengharapkan, kegiatan Peningkatan Karakter Pegawai dapat dijadikan ajang penyatuan misi dan visi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Selain itu para staf dapat lebih bersemangat dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diberikan, dalam rangka  membangun Dit. Pembinaan PAUD lebih baik lagi.

Kegiatan Peningkatan Karakter Pegawai diikuti seluruh staf di lingkungan Direktur Pembinaan PAUD. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengembangkan potensi diri, kemampuan bersosialisasi, solidaritas, sportivitas  semangat kerjasama,  serta mempererat tali silaturahmi antar pegawai, yang dirangkai dalam bentuk permainan atau game, demikian yang dilaporkan Ir. Poerwanto, M.Pd, Kasubag Tata Usaha sebagai penanggungjawab kegiatan.

Game
Salah satu rangkaian kegiatan Peningkatan Karakter Pegawai adalah permainan atau game. Diantaranya, ice breaking, tupai pemburu, hog call, tentukan leader, nama kelompok, presentasi yel-yel kelompok, empathy ball, the blind, crazy ball, stick transfer, oppositte, buldozer, plying fox dan, paintball.

Game tersebut bertujuan untuk belajar menjalin hubungan personal dan menjalin komonikasi yang efektif. Selain itu bertujuan menumbuhkan jiwa kompetisi yang sehat dan sportif yang didasari etika dan tanggungjawab.

Game
Salah satu game yang menguji nyali peserta adalah plying fox. Tujuan permainan ini adalah untuk, (1) Melatih peserta untuk cepat mengambil keputusan, (2)  Melatih keberanian, (3) Merubah pola pikir, dan (4) Memberi pengalaman baru pada peserta.

Permainan lain yang menarik perhatian peserta adalah paintball. Paintball adalah permainan menyerupai simulasi tempur dengan menggunakan peluru cat. Inti permainan paintball adalah mengeliminasi lawan dengan menembakkan peluru cat ke pada lawan. Pemain yang terkena peluru dinyatakan kalah, dan tidak boleh menembakkan senjata, serta  harus keluar dari arena permainan.

Permainan paintball tidak hanya menyenangkan tapi juga memiliki banyak manfaat lainnya, diantaranya (1) Mengembangkan kemampuan kepemimpinan, (2) Melatih membuat strategi untuk mencapai tujuan tim, (3) Mengkomunikasikan strategi kepada tim, (4) Meningkatkan kemampuan membuat perencanaan, (5) Menganalisa kondisi lingkungan atau medan kerja, dan (6) Membangun kedisiplinan dan keberanian.

Pada malam hari juga dilaksanakan game dalam bentuk permainan An Kim,  dimana peserta yang beruntung mendapatkan hadiah menarik yang telah disiapkan oleh panitia. (@dr1).