Dalam rangka mendukung kebijakan pembinaan layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang terarah, terpadu, dan terkoordinasi, pada tahun 2015 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 1 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan tersebut menegaskan, pengelolaan PAUD formal, non formal, maupun informal, berada di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Ditjen PAUD dan Dikmas), yang secara teknis dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Salah satu tugas dan fungsi dari Direktorat Pembinaan PAUD adalah melaksanakan koordinasi pelaksanaaan kebijakan bidang Pendidikan Anak Usia Dini untuk mendukung perluasan akses serta peningkatan mutu layanan PAUD secara lebih terarah dan terpadu melalui berbagai program peningkatan kapasitas layanan PAUD di seluruh tanah air.

Direktorat Pembinaan PAUD melaksanakan kegiatan Peresmian Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Tingkat Nasional (TKN PTN) Sebagai PAUD Percontohan Tingkat Nasional sebagai wujud pelaksaan tugas dan fungsi tersebut. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 5 April 2016 di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Tingkat Nasional yang berlokasi di Jl. H. Muchtar Raya Petukangan Utara, Pesanggarahan, Jakarta Selatan. Pembukaan dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan diisi oleh tarian tradisional selamat datang dari peserta didik TK Negeri Pembina. Dilanjutkan oleh sambutan-sambutan dari kepala sekolah TK Negeri Pembina, serta oleh Direktur Pembinaan PAUD, Ibu R. Ella Yulaellawati R, M.A.,Ph.D sekaligus peresmian TK Negeri Pembina Tingkat Nasional sebagai PAUD Percontohan Nasional.

Dalam sambutannya Direktur Pembinaan PAUD menyampaikan pentingnya keberadaan PAUD Percontohan sebagai pusat rujukan temapt belajar bersama, saling berbagi, dan juga menjadi tempat pelatihan peningkatan kompetensi para pendidik. DKI Jakarta sebagai barometer pendidikan termasuk pendidikan anak usia dini. Tidak sulit mencari tempat percontohan di Jakarta karena sangat banyak lembaga PAUD Percontohan yang dapat dicontoh oleh lembaga PAUD pada umumnya. Karena itutaman kanak-kanak negeri Pembina Tingkat Nasional ini merupakan pilihan yang tepat. Sesuai dengan namanya sebagai pembina yang turut membina kualitas layanan PAUD sekitarnya. Direktorat Pembinaan PAUD telah memfasilitasi sarana bermain dan peningkatan kompetensi pendidik serta kualitas layanan program pembelajaran. Salah satunya melalui program bahasa inggris. Direktorat Pembinaan PAUD mengembangkan program PAUD berbasis bahasa ibu untuk melestarikan bahasa ibu sebagai kekayaan budaya bangsa. Selain itu juga Direktorat juga mendorong pengenalan bahsa inggris untuk PAUD di perkotaan. Kebijakan ini diterapkan untuk mengenalkan sejak awal anak-anak dengan bahasa asing yang semakinluas merambah di lingkungan kehidupan anak-anak perkotaan. Tujuan utama adalah mempersiapkan anak mampu berpikir secara global dengan dilandasi karakter dan cinta tanah air sebagai bekal Indonesia go internasional.

Peresmian TK Negeri Pembina Tingkat Nasional sebagi PAUD Percontohan Tingkat Nasional ditandai dengan pemukulan drum oleh Direktur Pembinaan PAUD, Ibu R. Ella Yulaellawati R, M.A.,Ph.D. setelah itu dilanjutkan dengan peninjauan lingkungan oleh seluruh peserta kegiatan.