IMG-20160525-WA0014

Direktur Pembinaan PAUD menghadiri Gebyar PAUD Provinsi Jawa Tengah, yang dilaksanakan di Purwokerto pada tanggal 25 Mei 2016. Dalam sambutannya, Ibu R. Ella Yulaelawati, M.A., Ph.D menyampaikan pentingnya pendidikan di usia dini ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan gerakan nasional PAUD berkualitas. Gerakan ini dimaksudkan untuk membangun kesiapan bersekolah anak-anak sehingga dapat bertahan di jenjang Sekolah Dasar dan jenjang berikutnya sehingga turut mencapai wajib belajar 12 tahun yang berkualitas.

Perkembangan psikologi pendidikan, neurosains dan investasi ekonomi untuk pembangunan kualitas manusia, akhir-akhir ini sangat memfokuskan pada usia dini. Misalnya untuk anak usia dini belajar sambil bermain merupakan suatu pedagogi tersendiri yang tidak dapat dipisahkan antara mana kegiatan belajar dan mana yang bermain. Penelitian ahli neurosains Gilot (2012) bahwa menstimulasi anak usia 0-3 tahun dengan kasih sayang terbukti dapat merangsang 10 triliyun sel otak, dan bentakan dapat merusak 1 milyar sel otak.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan banyak upaya peningkatan mutu guru antara lain melalui diklat berjenjang dan penumbuhan budi pekerti sejak dini. Salah satu contoh penumbuhan budi pekerti sejak dini adalah melalui komik dan lagu, dongeng, cerita rakyat, buku-buku berbasis bahasa ibu untuk dibacakan orang tua, pedoman guru tentang  pelaksanaan kurikulum 2013 yang sangat bernuansa penumbuhan budi pekerti serta pedoman pengawasan penggunaan bahan pembelajaran, bahan main, dan APE di penyelenggaraan pendidikan usia dini. Pada kesempatan ini, kami juga mengundang contoh-contoh lainnya dari khalayak yang dapat kami unggah di Ruang Guru Online (Anggun) yang akan berisi dongeng dan lagu dalam kanal Rumah Cerita.