DSC00753Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Wajib PAUD Satu Tahun Pra Sekolah Dasar di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 27-28 Mei 2016 tersebut dihadiri oleh Bupati Banyuwangi yang di wakili oleh  Asisten 3 Bupati Bagian Administasi Umum, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, serta oleh Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini yang diwakili oleh Kepala Sub Direktorat Program dan Evaluasi Ibu Dra. Enah Suminah, M.Pd. Peserta kegiatan tersebut berasal dari Camat dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Banyuwangi, Kepala Desa, Bunda PAUD, serta para guru dari 200 lembaga PAUD di Kabupaten Banyuwangi.

Kegiatan dibuka dengan laporan dari Bapak Sudadi, S.E, M.Si tentang kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Wajib PAUD Satu Tahun Pra Sekolah Dasar. Dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi dan kemudian pembukaan kegiatan yang dilaksanakan oleh Bupati Banyuwangi yang diwakili oleh Asisten 3 Bupati Bagian Administasi Umum. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan dukungan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Bahkan tidak hanya Dinas Pendidikan saja, tetapi sektor lain pun mendukung terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di Banyuwangi. Contohnya adalah Dinas Kelautan dan Perikanan yang mencanangkan program anak gemar makan ikan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang mengenalkan anak tentang kebudayaan di Kabupaten Banyuwangi, serta Badan Lingkungan hidup yang mengajarkan anak untuk menanam pohon sejak dini.

Selain itu juga dalam kegiatan tersebut dilakukan pemberian bantuan dari Direktorat Pembinaan PAUD kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi yang dilakukan secara simbolis oleh Ibu Enah Suminah, M.Pd kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi. Bantuan yang diberikan adalah Bantuan Makanan Sehat kepada 10 lembaga PAUD, Bantuan Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD sebanyak 8, BOP Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) kepada 50 anak, serta bantuan rehab dan sarana belajar PAUD. Dalam paparannya Ibu Enah Suminah menyampaikan pentingnya komitmen dan dukungan bersama dari berbagai pihak untuk memajukan pendidikan anak usia dini di Kabupaten Banyuwangi khususnya. Mulai dari dukungan Pemerintah Pusat, Daerah, hingga ke tingkat desa dengan adanya Permendes Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa. “Banyuwangi memiliki potensi yaitu Komitmen Pemda terhadap pendidikan termasuk PAUD tinggi, pengembangan wilayah memerlukan SDM handal, serta gerbang masuk berbagai aspek kehidupan bermasyarakat”, papar Kasubdit Program dan Evaluasi, Direktorat Pembinaan PAUD tersebut.