DSC_1308Jakarta-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Anies Baswedan beserta Ibu Fery Baswedan menerima kunjungan dari Perdana Menteri New Zealand, Mr. John Key beserta istri pada hari Senin, 18 Juli 2016 yang bertempat di Graha Insan Berprestasi, Gedung Ki Hajar Dewantara, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kunjungan tersebut dalam rangka launching program PAUD di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, kerjasama antara RI UNICEF dan New Zealand. Acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Kupang, Bapak Ayub Titu Eki beserta istri, Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas, Bapak Harris Iskandar, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Didik Suhardi, Sekretaris Ditjen PAUD dan Dikmas, Bapak Wartanto, Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Ibu Ella Yulaelawati, serta pejabat struktural lainnya yang berada di lingkungan Ditjen PAUD dan Dikmas. Serta dihadiri oleh tamu undangan yang berasal dari anggota HIMPAUDI dan IGTKI dan staff di lingkungan Direktorat Pembinaan PAUD.

Acara tersebut dimulai dengan sambutan selamat datang dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dalam sambutannya, Bapak menteri mengucapkan selamat datang kepada Bapak Perdana Menteri New Zealand beserta rombongan dan mengucapkan terima kasih atas kehadirannya di Indonesia. “Indonesia dan New Zealand adalah teman”, ucap Bapak Menteri. Selain itu beliau sangat memberikan support terkait kerjasama untuk program PAUD di Kabupaten Kupang, NTT. “Pendidikan dimulai bukan dari pendidikan dasar, tetapi dari pendidikan anak usia dini, pendidikan pra sekolah dasar”, ucap beliau. Diakhir sambutan, Bapak Anies Baswedan mengucapkan harapannya agar Perdana Menteri New Zealand beserta rombongan dapat menikmati kunjungannya di Indonesia.

Selanjutnya, sambutan dari perwakilan RI UNICEF, Ibu Gunilla Olsson. Dalam sambutannya beliau berharap bisa mengembangkan pendidikan anak usia dini dengan bantuan atau support dari berbagai pihak. “Perkembangan otak manusia 90% terjadi saat usia 5 tahun kebawah”, ucap Ibu Gunilla.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Perdana Menteri New Zealand, Mr. John Key. Dalam sambutannya beliau membandingkan jumlah anak PAUD di Indonesia dengan di New Zealand. Menurutnya perjalanan yang harus ditempuh oleh Bangsa Indonesia masih sangat panjang dalam mewujudkan Pendidikan Anak Usia Dini yang berkualitas di Indonesia, terutama karena luasnya wilayah dan keanekaragaman kultur dan Budaya negara Indonesia ini jika dibandingkan dengan New Zealand.

Launching kerjasama Program PAUD di Kabupaten Kupang ditandai dengan penekanan tombol sirine yang dilakukan secara bersama oleh Perdana Menteri New Zealand, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bupati Kupang, serta Perwakilan RI UNICEF Ibu Gunilla Olsson. Setelah launching dilaksanakan, maka Perdana Menteri New Zealand beserta rombongan melakukan kunjungan ke PAUD KM 0 yang terletak di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Dalam kunjungan ke PAUD KM 0, para tamu undangan terlihat memberikan apresiasi dan berinteraksi dengan anak-anak PAUD. (ADPE)