FB_IMG_1471795815246Jakarta-Dalam rangka mendukung keberhasilan wajib belajar 12 tahun, Direkorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Wajib PAUD satu tahun pra Sekolah Dasar yang dilaksanakan di Kota Jambi, Provinsi Jambi. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 21 Agustus 2016 dan bertempat di Kantor Walikota Jambi. Dalam pelaksanaannya, kegitan ini dihadiri langsung oleh Walikota Jambi, Bapak H. Syarif Fasha, ME beserta istri, Ibu Hj. Yuliana Fasha, Msi.Ak, Direktur Pembinaan PAUD, Ibu R. Ella Yulaelawati, M.A.,Ph.D, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi beserta jajarannya, serta para pejabat dan staff di lingkungan Direktorat Pembinaan PAUD.

Kegiatan dibuka dengan laporan dari Kasubdit Program dan Evaluasi, Ibu Enah Suminah, M.Pd tentang kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Wajib PAUD Satu Tahun Pra Sekolah Dasar. Dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Pembinaan PAUD, Ibu Ella Yulaelawati, M.A.,Ph.D. Dalam sambutannya Ibu Ella menyampaikan pentingnya pendidikan anak usia dini yang berkualitas. “Usia 0-5 tahun adalah usia perkembangan emas, saat fisik dan otak anak berada di masa pertumbuhan terbaiknya, dimana kemampuan otak menyerap informasi sangat tinggi. Di masa ini, stimulasi pendidikan yang positif sangat penting bagi perkembangan anak,  karena stimulasi yang tidak tepat akan berdampak negatif bagi kehidupan selanjutnya dan tidak dapat diperbaiki”, papar Ibu Ella. Selain itu beliau menjelaskan pembelajaran membaca, menulis dan berhitung konvensional tidak dianjurkan. Sebaliknya, sangat didorong untuk membangun pengenalan aksara dan angka yang sesuai dengan tahap perkembangan anak. Caranya dengan kegiatan bermain, bernyanyi, mendengarkan dongeng, dan bercerita dengan teman sebaya. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Walikota Jambi, Bapak H. Syarif Fasha, ME sekaligus meresmikan pencanangan Rintisan Wajib PAUD 1 tahun pra SD di Kota Jambi. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan Kota Jambi harus siap dengan program tersebut karena beliau mengetahui akan pentingnya pendidikan anak usia dini yang berkualitas bagi kemajuan masyarakat. Peresmian pencanangan Rintisan Wajib PAUD 1 tahun pra SD di Kota Jambi ditandai dengan pemukulan alat musik kulintang secara bersama-sama yang dilakukan oleh Walikota Jambi, Bunda PAUD Kota Jambi yang dalam hal ini adalah istri dari walikota Jambi, serta Direktur Pembinaan PAUD. Selain itu dilakukan acara penyerahan secara simbolis perlengkapan sekolah pada perwakilan peserta didik PAUD serta pemberian bantuan dari Direktorat Pembinaan PAUD kepada kota Jambi.

Setelah acara peresmian, dilanjutkan dengan pelatihan kepada 200 guru PAUD di Kota Jambi mengenai implementasi Kuriklum 2013 PAUD. Para guru diajarkan bagaimana penerapan kurikulum 2013 PAUD dalam proses kegiatan di lembaga PAUD. Antusiasme sangat ditunjukan oleh para guru PAUD dalam kegiatan pelatihan tersebut. Banyak guru yang bertanya dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh narasumber pelatihan yang berasal dari Subdit Kurikulum, Direktorat Pembinaan PAUD.