Pembukaan Simposium PaluPalu- Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini bekerjasama dengan Universitas Muhammadyah Palu melaksankan Simposium Pendidikan Anak Usia Dini. Kegiatan dengan tema “Gerakan Nasional Paud Berkualitas: Memberikan Awal Terbaik Bagi Masa Depan Anak” tersebut dilaksanakan di Auditorium Rektorat Universitas Muhammadyah Palu, pada tanggal 19 Oktober 2016 sebagai bagian dari Hari Aksara Internasional ke-50 yang diselenggarakan di Palu dan juga bagian rangkaian peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli  sampai dengan Hari Anak Universal pada tanggal 20 November 2016. Dalam pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Universitas Muhammdiyah Palu, Bapak Dr. Heru Wardoyo, SH.,MH, Rektor UHAMKA, Bapak Prof. Dr. Suyatno, Direktur Pembinaan PAUD, Ibu R. Ella Yualelawati, M.A.,Ph.D serta jajaran pejabat dan staff di lingkungan Direktorat Pembinaan PAUD, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pembukaan diawali dengan pembacaan ayat suci AL-Quran, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Laporan panitia dibacakan oleh Dr. Ir. Abdul Hadid, MS, Purek 1 Universitas Muhammadiyah Palu. Setelah itu sambutan yang dihaturkan oleh Direktur Pembinaan PAUD, Ibu R. Ella Yualelawati, M.A.,Ph.D. Dalam sambutannya Ibu Ella berharap dengan adanya simposium ini diharapkan dapat memberikan salah satu solusi yang tepat untuk meningkatkan mutu guru PAUD dan solusi lainnya untuk menjamin adanya peningkatan kuantitas dan kualitas guru PAUD serta adanya perbaikan dalam sebaran guru PAUD yang telah terlatih. Sambutan dari Rektor Universitas Muhammadiyah Palu, Bapak Dr. Heru Wardoyo, SH.,MH, sekaligus membuka simposium Pendidikan Anak Usia Dini tersbut. Ucapan terima kasih dan penghargaan beliau sampaikan kepada semua pihak yang berkontribusi terhadap simposium ini. Beliau berharap dengan adanya symposium ini bisa berkontribusi dalam memajukan dunia pendididikan anak usia dini di Indonesia.

Simposium ini dihadiri oleh kurang lebih 170 peserta yang berasal dari Mahasiswa Fakultas PGTK/RA dan FKIP Jurusan PAUD, Aisyiyah Provinsi Sulawesi Tengah, IGTKI Provinsi Sulawesi Tengah dan Himpaudi Provinsi Sulawesi Tengah. Sedangkan untuk narasmuber yang hadir adalah Direktur Jenderal PAUD dan DIKMAS, Rektor Universitas Muhammadiyah Palu, Prof. Dr. Suyatno, Rektor UHamka Jakarta, Prof. Dr. Masyitoh (Aisyiyah), Bunda PAUD Sulawesi Tengah, Ibu Zalzulmida Djanggola, Dr. Siti Fatimah( Dosen  Universitas Muhammadiyah Malang), Dekan Universitas Negeri Makassar Dr. Abdullah Sinring, M.Pd, Direktur Pembinaan PAUD, Ibu R. Ella Yualelawati, M.A.,Ph.D, dan Dr. Gogot Suharyoto (Ditjen GTK PAUD).