Sosialisasi DIYYogyakarta-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penuntasan PAUD Satu Tahun Pra-Sekolah Dasar di Provinsi D.I. Yogyakarta. Kegiatan tersebut bersamaan dengan Gebyar PAUD Provinsi D.I. Yogyakarta yang dilaksanakan di GOR Among Raga pada 26 Oktober 2016. Dalam acara yang dihadiri oleh kurang lebih 1000 anak PAUD dari seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi D.I. Yogyakarta tersebut dihadiri oleh Gubernur D.I. Yogyakarta yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi D.I. Yogyakarta, Ibu Wakil Gubernur Provinsi D.I. Yogyakarta, Dirjen PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili oleh Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, para Kepala Daerah di Provinsi D.I. Yogyakarta, Para Bunda PAUD di Provinsi D.i. Yogyakarta, serta para pejabat dan staff di lingkungan Dinas Pendidikan di Provinsi D.I. Yogyakarta.

Acara dibuka dengan laporan panitia yang disampaikan oleh Kepala Bidang PNFI Provinsi D.i. Yogyakarta dan dilanjutkan dengan pembukaan yang silakukan oleh Gubernur D.I. Yogyakarta yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi D.I. Yogyakarta, Drs. R. Kadarmanto Baskara Aji. Dalam sambutannya, Bapak Kepala Dinas menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadirannya Gubernur D.I. Yogyakarta dalam acara tersebut dikarenakan ada agenda lain yang lebih mendesak. “D.I. Yogyakarta memliliki angka partisipasi PAUD yang  tinggi, ini membuktikan kepedulian terhadap PAUD di Yogyakarta begitu tinggi”, ujar Bapak Kepala DInas. Acara dilanjutkan dengan pemukulan Gong serta penandatanganan Komitmen Bersama Penuntasan PAUD Satu Tahun Pra-SD oleh para Kepala Daerah di wilayah Provinsi D.I. Yogyakarta.

Dirjen PAUD dan Dikmas yang diwakili oleh Direktur Pembinaan PAUD, Ibu R. Ella Yulaelawati, M.A.,Ph.D menyampaikan dalam sambutannya bahwa dengan adanya pencanangan penuntasan PAUD satu tahun pra-SD ini diharapkan semua anak usia 6 tahun yang akan masukmSD mendapat layanan satu tahun sehingga mempunyai kesiapan bersekolah sebagai bagian untuk mencapai wajib belajar 12 tahun yang bermutu. “Provinsi D.I. Yogyakarta berhasil mencapai APK PAUD sebesar 90% sebaai pencapaian APK PAUD tertinggi se Indonesia, untuk itu kami mendukung inisiatif provinsi dan kabupaten/kota mencanangkan penuntasan PAUD minimal satu tahun pra SD”, ujar Ibu Ella. “Tentu bukan hal yang mudah untuk memenuhi pencapaian target-target, untuk itu perlu berbagi tanggungjawab antara orangtua, pendidik, keluarga, masyarakat, pemerintah, penyedia pendidikan, pelaku dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, demi tercapainya Indonesia yang lebih baik di masa depan”, lanjut Ibu Ella. Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan anugerah PAUD kepada Bunda PAUD dan Gugus PAUD di wilayah Provinsi D.I. Yogyakarta yang diberikan oleh Ibu Wakil Gubernur D.I. Yogyakarta.