Selaras masa tumbuh kembang anak yang sarat gerak eksploratif, model pembelajaran untuk anak usia dini seyogianya menghindari klasikal. Pembelajaran untuk anak usia prasekolah (0-6 tahun) akan lebih efektif dengan pola permainan dinamis, tanpa dijejali ceramah.

Hal itu disampaikan Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kemdikbud Ella Yulaelawati, Sabtu (29/10), di Jakarta. Pada kesempatan itu, Ella memperagakan simulasi permainan di PAUD Mekar Asih, di Kompleks Kantor Kemdikbud, Senayan, Jakarta.

“Pendidikan karaketer berupa toleransi serta kesadaran akan literasi ekonomi, literasi lingkungan, dan jender dapat diterapkan secara eksploratif dan interaktif,” ujar Ella. Ia mencontohkan literasi ekonomi dapat diparalelkan dengan kesadaran vokasional. Misalnya, mengarahkan anak bermain jual beli. Dengan cara itu anak akan memahami konsep produksi, konsumsi, dan distribusi, sekaligus memahami alat tukar dan perangkat kerja lainnya.

Pembelajaran PAUD yang baik akan menopang pecapaian target tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) . Kisaran 10-15 tahun kedepan, anak-anak peserta PAUD saat ini akan menapak usia produktif. Hal ini relevan dengan bonus demografi.

Terkait dengan itu, psikolog perkembangan anak Universitas Negeri Jakarta, Iriani Indri Hapsari, mengatakan, bermain peran di PAUD sangat baik untuk perkembangan anak. Pasalnya imajinasi anak sedang berkembang dengan pesat. Bermain peran membantu mereka mengekspresikan diri dan mengenal struktur masyarakat. Banyak hal yang dipelajari ketika anak belajar dengan bermain peran. Tata bahasa, kelancaran berbicara, kemampuan berhubungan dengan orang lain, dan belajar mengendalikan emosi,” papar Iriani. Contoh bermain peran ialah warung-warungan, dokter-pasien, hingga guru-murid.

Ia menerangkan, hingga anak berusia delapan tahun, mayoritas kegiatan mereka hendaknya diisi permainan mendidik. Memaksa anak belajar membaca, menulis, dan berhitung secara konvensional berdampak buruk terhadap tumbuh kembang mereka.

Dikutip dari Harian Kompas Edisi 31 Oktober 2016