Padang-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Nasional PAUD dan Dikmas yang dilaksanakan di Kota Padang, Sumatra Barat mulai dari tanggal 1 hingga 4 Februari 2016. Kegiatan yang dihadiri oleh Dinas Pendidikan serta Pengelola Keuangan di seluruh provinsi di pulau Sumatera serta Jawa Barat tersebut dibuka langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Bapak Muhadjir Effendy yang didampingi oleh Ibu Menteri Suryan Widati.

Kedatangan Mendikbud beserta rombongan disambut meriah oleh tarian selamat datang yang ditampilkan oleh siswa/siswi SMK di Kota Padang. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan khidmat. Kemudian kegiatan dimulai dengan laporan yang disampaikan oleh Dirjen PAUD dan Dikmas, Bapak Harris Iskandar. Dalam laporannya, Bapak Harris menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mendikbud untuk kesempatannya bisa hadir di Rakornas Program PAUD dan Dikmas ini. “Ini kali pertama Rakornas PAUD dan Dikmas dihadiri langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan”, ujar Harris. Selanjutnya Bapak Harris menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu 1) mengevaluasi pelaksanaan program dan anggaran tahun 2016; 2) mensosialisasikan rencana program dan anggaran Ditjen PAUD dan Dikmas tahun anggaran 2017;3) mensosialisasikan kebijakan teknis dan petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan dan anggaran Ditjen PAUD dan Dikmas tahun 2017; dan 4) mereview/verifikasi rencana alokasi bantuan PAUD dan Dikmas tahun 2017 per-KAbupaten/Kota. Diharapkan kegiatan ini berjalan dengan lanjar dan dapat memberikan hasil sesuai tujuan awal yang diharapkan.

Selesai laporan dari Dirjen PAUD dan Dikmas, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan selamat datang yang dihaturkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Bapak Burhasman Bur. Terima kasih disampaikan atas diselenggarakannya Rakornas ini di Kota Padang, Sumatera Barat. Provinsi Sumatera Barat sangat mendukung kegiatan-kegiatan pendidikan yang dilaksankan di wilayah minang tersebut. “Semoga kegiatan ini memberikan manfaat dan berkah bagi pendidikan di Indonesia”, ujar Bapak Burhasman.

Sebelum sambutan sekaligus pembukaan oleh Mendikbud, dilakukan penandatangan Perjanjian Kinerja oleh semua Direktur di lingkungan Ditjen PAUD dan Dikmas serta para kepala UPT PAUD dan Dikmas yang disaksikan oleh bapak Mendikbud dan Dirjen PAUD dan Dikmas. Dengan adanya penandatanganan ini diharapkan akan semakin meningkatkan kinerja semua pihak di lingkungan Ditjen PAUD dan Dikmas, sehingga didapatkan hasil yang maksimal. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Mendikbud, Muhadjir Effendy sekaligus membuka kegiatan Rakornas Program PAUD dan Dikmas ini. Dalam sambutannya, Mendikbud menyampaikan bahwa dalam pendidikan formal, didalamnya terdapat pendidikan non formal dan informal, begitupun sebaliknya, didalam pendidikan informal, didalamnya terdapat pendidikan formal. “Didalam pendidikan formal, apakah tentu pula dibutuhkan peran keluarga didalamya (nonformal), begitu juga sebaliknya”, ujar Mendikbud. Keterkaitan dalam dunia pendidikan sangat dibutuhkan guna membangun pendidikan yang berkualitas. Pembukaan ditandai dengan pemukulan drum oleh Mendikbud, dilanjutkan dengan penampilan tari piring oleh siswa/siswi di Kota Padang sebagai penutup.