Balikpapan-Rapat Koordinasi Program PAUD dan DIkmas Regional kedua dilaksanakan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada tanggal 7-10 Februari 2017. Kegiatan yang berlokasi di Nov Hotel Balikpapan tersebut, dihadiri oleh Dinas Pendidikan serta Badan Pengelolaan Keuangan Daerah dari Kabupaten-kabupaten yang berada di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Tengah, Banten, D.I. Yogyakarta, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah.

“Bersama Kita Memperluas dan Meningkatkan Mutu PAUD dan Dikmas Yang Bermartabat” menjadi tema pada rakornas yang diselenggarakan Setditjen PAUD dan Dikmas teresebut. Pembukaan kegiatan diawali dengan laporan ketua panitia oleh Sekretaris Ditjen PAUD dan Dikmas, Bapak Wartanto. Mengevaluasi Pelaksanaan Program dan Anggaran Tahun 2016 serta Mensosialisasikan Arah Kebijakan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan dan Strategi Implementasi Program dan Kegiatan PAUD dan Dikmas Tahun 2017. Tujuan diadakannya Raokornas PAUD dan Dikmas 2017 ini antara lain:

  1. Mensosialisasikan Rencana Program dan Anggaran Ditjen PAUD dan Dikmas Tahun Anggaran 2017;
  2. Mensosialisasikan Kebijakan Teknis dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran Ditjen PAUD dan Dikmas Tahun 2017;
  3. Mereview/verifikasi Rencana Alokasi Bantuan PAUD dan Dikmas Tahun 2017 per- Kabupaten/Kota

Dra. Dayang Budiati selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur menyambut dengan hangat Kegiatan Rakornas ini dilaksanakan di Kota Balikpapan. Menurutnya kesuksesan program PAUD dan Dikmas sangat penting dampaknya dalam upaya membangun Indonesia. Untuk itu diharapkan kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dengan hasil yang maksimal.

Sambutan dari Dirjen PAUD dan Dikmas, Bapak Harris Iskandar menjadi rangkaian acara selanjutnya sekaligus membuka secara resmi kegiatan Rakornas Program PAUD dan Dikmas 2017. Dalam sambutanya beliau menghimbau bahwa koordinasi antara pusat dan daerah harus terjalin secara harmonis karena menjadi kunci suksesnya Program PAUD dan Dikmas. Selain itu jangan sampai Undang-Undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah menjadi halangan dalam menjalin koordinasi yang baik. “Jangan sampai UU No.23 malah mengkotak-kotakan kita, meskipun PAUD dan Dikmas sudah menjadi wewenang Kabupaten/Kota, Koordinasi tetap menjadi kunci suskesnya program tersebut”, ujar Bapak Harris.

Pembukaan diakhiri dengan penandatanganan Perjanjian Kinerja oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan, Direktur beserta para Kasubdit di lingkungan Direktorat Pembinaan PAUD, serta oleh Bagian Perencanaan Setditjen PAUD dan Dikmas yang disaksikan langsung oleh Dirjen PAUD dan Dikmas.