Jakarta-Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat menjadi Kabupaten pertama di tahun 2017 sebagai daerah yang siap dalam melaksanakan program Penuntasan Ikut PAUD Satu Tahun Pra SD yang digagas oleh DIrektorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Gedung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung pada Sabtu, 18 Februari 2017. Kegiatan tersebut dihadiri oleh istri Bupati Kabupaten Sijunjung, sekaligus Bunda PAUD Kabupaten Sijunjung, Ibu Endra Noflida Yuswir Arifin, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Bapak Ramler, serta Direktur Pembinaan PAUD, Ibu R. Ella Yulaelawati dengan peserta kegiatan berasal dari para guru PAUD, Bunda PAUD Kecamatan serta stake holder PAUD lainnya.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta laporan kegiatan yang disampaikan oleh Kepala Subdit Program dan Evaluasi, Direktorat Pembinaan PAUD, Ibu Enah Suminah. Kemudian dilanjutkan dengan ucapan selamat datang yang dihaturkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Bapa Ramler, Sh.,MH. Ucapan terima kasih serta selamat datang beliau apresiasikan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, khususnya Direktorat Pembinaan PAUD atas kedatangannya di KAbupaten Sijunjung, guna mensosialisasikan program Penuntasan Ikut PAUD Satu Tahun Pra SD di Kabupaten Sijunjung. Beliau berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat menjadi pemicu majunya dunia pendidikan anak usia dini, khususnya di Kabupaten Sijunjung.

Selanjutnya sambutan dari Direktur Pembinaan PAUD, Ibu R. Ella Yulaelawati, MA.,Ph.D sekaligus membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya beliau menyampaikan kepada para peserta yang hadir terkait 7 hak anak yang harus dipenuhi. Hak-hak tersebut yaitu 1) Hak Identitas, 2) Hak Perawatan dan Pengasuhan, 3) Hak Kesehatan dan Gizi, 4) Hak menumbuhkan rangsang-rangsang pendidikan, 5) Hak Perlindungan, 6) Hak untuk didengarkan, dan 7) Hak Bermain. Sekolah/lembaga PAUD harus memerhatikan ketujuh hak anak tersebut agar dapat berkembang secara maksimal.

Selesai pembukaan dilanjutkan dengan pelatihan Kurikulum 2013 PAUD yang disampaikan oleh tim dari Direktorat Pembinaan PAUD kepada para guru-guru PAUD yang hadir di acara tersebut. Para guru diperkenalkan bagaimana membuat percobaan terkait pembelajaran di PAUD mengenai pendekatan scientific. Para peserta begitu antusias mengikuti tahapan demi tahapan dalam proses percobaan tersebut. Diharapkan hasil yang didapatkan dari pelatihan tersebut bisa diaplikasikan dalam pembelajaran di PAUD sekembalinya mereka nanti ke lembaga PAUD masing-masing.