Aceh-Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi NAD, menjadi Kabupaten ketujuh di tahun 2017 yang siap melaksanakan Program Sosialisasi Penuntasan Ikut Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Satu Tahun Pra Sekolah Dasar yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan PAUD. Kegiatan tersebut merupakan program yang diperuntukan bagi daerah-daerah yang siap dan memiliki komitmen tinggi agar setiap anak dapat terlayani PAUD minimal satu tahun sebelum masuk jenjang pendidikan dasar. Sebelumnya kegiatan serupa telah dilaksanakan di Kabupaten Sijunjung, Buleleng, Kupang, Bangka, Kota Pekanbaru, dan Aceh Utara.

“Kami sangat berterima kasih atas apresiasi dan kepercayaan dari Direktorat Pembinaan PAUD kepada Kabupaten Aceh Selatan, terkait program penuntasan ikut PAUD satu tahun pra SD ini”, ujar Bupati Aceh Selatan, H. T. Sama Indra, SH,dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan di Kantor BAPPEDA Aceh Selatan, Senin (03/04/2017).

Selain itu Ibu Bupati sekaligus Bunda PAUD Kabupaten Aceh Selatan, Hj. Cut Harnalis, SP menegaskan dalam sambutannya tentang komitmen Kabupaten Aceh Selatan dalam program PAUD yang mulai digagasnya pada 2013 lalu. “Aceh Selatan sangat serius menggodok program PAUD di wlayahnya karena Kami mengerti pentingnya PAUD bagi masa depan”, tutur Ibu Cut Harnalis.

Hadir pula dalam pembukaan kegiatan tersebut Direktur Pembinaan PAUD, Ibu R. Ella Yulaelawati.,M.A.,Ph.D, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Selatan, para pejabat serta staff di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Aceh Selatan, seluruh Camat Kabupaten Aceh Selatan, para Bunda PAUD Kecamatan serta guru-guru PAUD yang terpilih untuk mengikuti pelatihan kurikulum 2013 PAUD yang akan diberikan oleh Direktorat Pembinaan PAUD.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemberian bantuan secara simbolis yang diberikan oleh Direktur Pembinaan PAUD kepada Bupati Kabupaten Aceh Selatan serta penandatanganan Komitmen Bersama Penuntasan Ikut PAUD satu Tahun Pra SD oleh seluruh Camat di Kabupaten Aceh Selatan yang disaksikan dan dikukuhkan oleh Direktur Pembinaan PAUD serta Bupati Aceh Selatan.