Tim UNICEF Denmark merupakan organisasi Internasional sangat tertarik dengan aktivitas pendidikan anak usia dini (PAUD) di Indonesia, khususnya di Kabupaten Brebes. Atas ketertarikannya terhadap keadaan pendidikan usia anak ini, mereka pun membuatkan film dokumenter sejak hari senin 21 agustus sampai rabu 23 agustus 2017.

Education Specialist Unicef Indonesia Nugroho Indera Warman mengatakan, ini merupakan kesempatan baik untuk bisa berbagi pengalaman dengan anak-anak Denmark, bahwa anak-anak indonesia juga bisa berprestasi dan ingin maju seperti di negara mereka.

“Kita juga saling bertukar informasi tentang budaya yang unik, baik dari Denmark dengan Mr. Beard dan Indonesia dengan budaya setempat, baik makanan, sosial budaya dan sebagainya,”

Nugroho menambahkan, Unicef Indonesia mendapat informasi yang baik dari mereka bahwa dalam pengembangan anak usia dini perlu juga intervensi dari kesehatan, gizi, pengasuhan dan perlindungan anak, selain melalui stimulasi pendidikan.

“Pembuatan film dokumenter ini, bentuk apresiasi UNICEF Denmark terhadap anak-anak Indonesia yang berprestasi,” tambahnya.

Pembuatan film dokumenter ini dilakukan di 3 tempat berbeda, yakni TK Pertiwi Desa Tengki Kecamatan Brebes, Paud Mandiri Kelurahan Brebes memilih, dan TK pertiwi 29 Setda Kelurahan Brebes .

Mereka mengambil gambar tentang aktivitas anak usia dini di sekolahnya, mulai dari kesehatan, gizi, pengasuhan, dan bagaimana anak saat berada di sekolahnya dan saat bermain termasuk saat sekolah di Tempat Pendidikan Alquran (TPQ).