National Earlychildhood Specialist Team (NEST)

Program Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Dini (PPAUD) merupakan program penguatan pendidikan dan pengembangan anak usia dini yang didanai Pemerintah Indonesia, Financing Agreement IDA Cr. No. 4205-IND dan Dutch Grant Agreement TF No. 056841 selama tujuh tahun, terhitung mulai tahun 2007 sampai dengan 2013. Kegiatan utama PPAUD adalah meningkatakan layanan PPAUD bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu, membangun system PPAUD yang bermutu dan berkelanjutan, melakukan pengelolaan, pemantauan dan penilaian program secara efektif di 50 kabupaten yang mencakup 3000 desa terpilih (di 21 provinsi).

Untuk menjamin keberlangsungan program PPAUD diperlukan adanya pendampingan partisipasi masyarakat atau Community Driven Development (CDD). Dalam pendampingan partisipassi masyarakat diperlukan adanya National Early Childhood Specialist Team (NEST) dan Tim Fasilitator Masyarakat (TFM).

National Earlychildhood Specialist Team (NEST) merupakan ahli PPAUD tingkat pusat, yang terdiri atas Core NEST dan Community Driven Development (CDD) NEST. Core NEST membidangi masalah substansi anak usia dini yang mencakup bidang kesehatan, gizi dan pendidikan anak usia dini, sedangkan CDD NEST membidangi masalah pember dayaan masyarakat agar nantinya mereka mampu mengelola program PPAUD secara berkelanjutan.

Core NEST memiliki tugas pokok melakukan transfer pengetahuan, sikap dan keterampilan kepada masyarakat tentang peranan kecukupan gizi dan kesehatan serta layanan pendidikan yang sesuai dengan tumbuh kembang anak usia dini. Secara terinci, tugasCore NEST meliputi :
CDD NEST memiliki tugas pokok memberdayakan masyarakat agar mampu menyelanggarakan dan menjamin keberlanjutan layanan program PPAUD, termasuk memotivasi masyarakat agar mampu menyelenggarakan layanan program PPAUD atas dasar prinsip keswadayaan. Secara trerinci, CDD NEST bertugas :

  1. Mengembangkan modul untuk pelatihan PAUD.
  2. Mengembangkan keterampilan komunikasi penyampaian pesan yang efektif dalam pelatihan berperspektif pendidikan untuk oarng dewasa (adult education/andragogie).
  3. Mengembangkan keterampilan community development (pengembangan masyarakat yang kondusif untuk pemerataan dan perluasan akses PAUD).
  4. Mengembangkan keterampilan melakukan pelatihan untuk pengembangan PAUD di setiap wilayah berbasis pemberdayaan masyarakat.
  5. Menjadi nara sumber dalam pelatihan PAUD sesuai disiplin ilmu dan keahliannya.
  6. Mengkaji materi pelatihan NEST.
  7. Menyusun modal pelatihan CDD untuk Tim Fasilator Masyarakat (TFM).
  8. Menyusun pedoman tentang keterkaitan dan keterpaduan bidang kesehatan, pendidikan, dan pengembangan masyarakat menuju PAUD holistik.
  9. Bersama-sama dengan Core NEST membuat kerangka perencanaan/design framework dan laporan pelatihan TFM.
  10. Memfasilitasi semua materi pelatihan dan mendampingi peserta pelatihan dalam kerja lapangan (field work) di desa untuk melakukan kegiatan supervisi, monitoring dan evaluasi.
  11. Pada saat tidak bertugas sebagai pelatih, menjadi supervisor TFM dalam melaksanakan tugas-tugasnya. NEST, baik itu Core NEST maupun CDD NEST berfungsi memfasilitasi kinerja Tim Fasilitator Masyarakat (TFM) agar mampu memfasilitasi mempersiapkan dan mendampingi masyarakat dana hibah masyarakat (community blockgrant) program PPAUD.

Tim Fasilitator Masyarakat (TFM)

Tim Fasilitator Masyarakat (TFM) dibentuk di tingkat kabupaten lokasi program PPAUD yang bertugas memfasilitasi, mempersiapkan dan mendampingi masyarakat penerima dana hibah masyarakat (community blockgrant) program PPAUD. Setiap dua puluh desa terpilih lokasi program PPAUD akan didampingi satu TFM yang beranggotakan empat orang, terdiri atas satu orang fasilitator bidang pendidikan, satu orang bidang pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

Secara rinci, tugas TFM (sebagai sebuah tim) mencakup :

  1. Melakukan persiapan kegiatan di wilayah kerja TFM.
  2. empromosikan kegiatan program PPAUD kepada masyarakat dan institusi/instansi terkait.
  3. Memfasilitasi perencanaan partisipatif di masyarakat.
  4. emfasilitasi penyusunan Rencana Kerja Masyarakat.
  5. Memfasilitasi pelaksanaan dan monitoring pelayanan kegiatan PPAUD di Masyarakat.

Disamping tugas dalam Tim, setiap anggota memiliki tugas terkait dengan bidangnya. Anggota TFM bidang pendidikan memiliki tugas :

  1. Mengumpulkan dan mengevaluasi data pendidikan, baik data sekunder maupun primer.
  2. Membantu kabupaten menyebarkan informasi dan kegiatan PPAUD kepada seluruh lapisan masyarakat, utamanya tentang pendidikan.
  3. Melakukan analisis situaasi dan potensi pendidikan.
  4. Memfasilitasi masyarakat dalam merekrut pendidik dan petugas.
  5. Menginventaris dan mengembangan alat permainan, cerita dan/atau lagu daerah setempat.
  6. Memfasilitasi masyarakat, termasuk orangtua dalam menentukan jadwal atau memanfaatkan pelayanan PPAUD oleh pendidik dan petugas lainnya.
  7. Memberikan masukan pemilihan kegiatan PPAUD dalam Rencana Kerja Masyarakat.
  8. Bekerjasama dengan Tim Pelatih Kabupaten melakukan pedapingan kegiatan bidang pendidikan, terutama parenting.
  9. Membantu Tim Pengelola Kegiatan (TPK) dalam pengadaan yang terkait dengan pendidikan.
  10. Mendukung anggota TFM lainnya dalam melaksanakan fasilitasi dan bimbingan kepada masyarakat.

Anggota TFM bidang kesehatan memiliki tugas :

  1. Mengumpulkan dan mengevaluasi data kesehatan, baik data sekunder maupun primer.
  2. Membantu kebupaten menyebarkan informasi dan promosi kegiatan PPAUD kepada seluruh lapisan masyarakat, utamanya tentang kesehatan dan gizi.
  3. Melakukan analisis situasi dan potensi kesehatan.
  4. Memfasilitasi orangtua untuk melakukan pemeriksaan kesehatan anak secara rutin dan pemeriksaan jika terjadi gangguan kesehatan anak.
  5. Melakukan pemantauan dan pengendalian pelaksanaan kegiatan PPAUD bersama-sama tenaga kesehatan dan pendidik PPAUD.
  6. Bekerjasama dengan Tim Pelatih Kebupaten melakukan pendampingan kegiatan bidang Kesehatan dan Gizi anak usia dini/ibu hamil.
  7. Menginformasikan kondisi kesehatan dan gizi anak usia dini/ibu hamil kepada Dinas Kesehatan untuk sinkronisasi program.
  8. Mendukung anggota TFM lainnya dalam melaksanakan fasilitasi dan bimbingan kepada masyarakat.

Anggota TFM bidang pengembangan dan pemberdayaan masyarakat bertugas :

  1. Mngumpulkan dan mengevaluasi data pengembangan/pemberdayaan masyarakat.
  2. Membantu kabupaten menyebarkan informasi dan promosi kegiatan PPAUD kepada seluruh lapisan masyarakat, utamanya tentang keterlibatan masyarakat miskin untuk berpartisipasi mendorong kesadaran pelayanan pendidikan dan kesehatan.
  3. Berdiskusi dengan anggota TFM lain tentang tingkat kesadaran masyarakat terhadap kebutuhan pendidikan dan kesehatan.
  4. Melakukan observasi dalam setiap kegiatan fasilitasi, utamanya dalam hal tingkat kehadiran.
  5. Memastikan dijalankannya ketentuan administrasi dalam penyediaan lokasi PPAUD.
  6. Berperan aktif untuk mendorong masyarakat menggunakan sumber daya yang ada.

Dalam menjalankan tugas di lapangan, TFM mendapatkan dukungan dari NEST, baik melalui pelatihan, maupun kegiatan lainnya yang relevan.

Hal-hal Yang Harus Disiapkan Untuk Pengajuan Invoice :

  1. Ada yang harus tandatangani oleh teman-teman TFM adalah : Kwitansi dan Berita Acara Pembayaran (BAP), sedangkan untuk Berita Acara Serah Terima Pekerjaan (BASTP) tidak diminta lagi karena laporan dari teman-teman hanya sampai ke DPIU saja, lalu yang diserahkan ke CPIU (Pusat) Berita Acara Verifikasi atas laporan tersebut yang ditandatangani oleh Kabid/kasubdin PLS/PNFI.
  2. Isi Blangko Surat Setor Pajak atau SSP (SSP bisa diminta ke kantor pajak gratis atau beli di toko buku) PPh 23 pajak dipungut 7,5% (187.500 dan untuk ketua tfm kabupaten sesuaikan dengan kuitansinya) dari Nilai Bruto yang akan ditagihkan? (seandainya susah, tolong blangko SSP diisi No NPWP dan Nama, serta ditandatangani sebanyak 1 rangkap).
  3. Kesimpulan dari nomor 1 dan 2, maka pusat hanya menerima 2 lembar kwitansi yang sudah ditandatangani oleh teman-teman TFM (yang satu ditandatangani diatas materai), BAP yang sudah ditandatangani (1 lembar), Berita Acara Verifikasi Pekerja yang sudah ditandatangani oleh Kabid/Kasubdin PLS/PNFI dan yang terakhir SSP PPH 23 7,5%.

Kepada Yth :
Bpk. Direktur PAUD
d/a Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Komplek Depdiknas Gedung E Lt 7
Jl. Jend. Sudirman, Senayan, Jakarta 10270